Nomenklatur

Peralatan kesehatan merupakan salah satu fasilitas yang penting dalam Penyelenggaraan  Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat, baik di Rumah Sakit maupun Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Dewasa ini jumlah dan jenis peralatan kesehatan demikian banyak mulai dari yang sederhana sampai dengan yang canggih. Seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya di bidang kedokteran, telah banyak diproduksi peralatan kesehatan canggih/Shopisticated Medical Equipment seperti USG Colour Doopler, CT Scan Multi Slice, MRI dan sebagainya.

Peralatan Kesehatan yang beredar di Indonesia berasal dari berbagai merk, model dan type, peralatan kesehatan juga mempunyai penamaan, sebutan atau istilah yang beragam.Untuk keseragaman dan kemudahan pemahaman tentang pengertian dan fungsi peralatan kesehatan, maka perlu disusun Nomenklatur Peralatan Kesehatan.

 Saat ini terdapat tiga model nomenklatur alat kesehatan yang berlaku secara international yaitu:

  1. Global Medical Devices Nomenclatur (GMDN)
  2. Universal Medical Devices Nomenclature (UMDN)
  3. Medical Devices Classification (FDA)

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan telah menyusun nomnklatur alat kesehatan dengan mengadopsi dari FDA dengan beberapa modifikasi disesuaikan penamaan yang baku di Indonesia. Nomenklatur tersebut sudah diterapkan pada ASPAK, sehingga diharapkan terdapat keseragaman kode dan penamaan untuk alat kesehatan yang akan lebih memudahkan pertukaran data dan informasi untuk data alat kesehatan dari mulai tahapan perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan sampai dengan penghapusan

8 Responses to Nomenklatur

  1. FAUZI says:

    Yth, tim pengelola laporan Ditjen BUK Kementerian Kesehatan RI
    di jakarta.

    Kami mohon bantuan untuk login aplikasi ASPAK tidak bisa masuk untuk menginput data.
    Mohon petunjuk untuk cara memasukkan usernama dan password aplikasi ASPAK untuk satker Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya ( 061803 ) . ( contact person 085296238873 )
    konfirmasi di alamatkan ke email : rsudpijaymedika@gmail.com
    terima kasih.

    salam buat PI BUK Kemenkes.

  2. Rohandi says:

    oh jadi seperti itu

  3. suwanty says:

    Bagaimana mendapatkan user dan pasword utk login ke aspak

  4. Muh.Zuhri says:

    Mohon dibantu..kenapa kami tdk bisa login di ASPAK ..padahal sebelumnya lancar…trims bantuannya.

  5. Yustin says:

    Kami mencoba input data puskesmas. Pada awalnya, untuk login dan password bisa masuk ke aplikasi. Tetapi ketika pertengahan input data, ternyata ada gangguan sinyal sehingga terhenti dan kami log-out. ketika akan meneruskan input data, ternyata dengan login dan password yang sama kami tidak dapat masuk ke aplikasi (login gagal). Kami telah konsultasi dengan Dinkes Kabupaten, dan dijawab kemungkinan pada saat pengisian banyak yang input sehingga server di kemenkes tidak mencukupi. Kami mencoba, bahkan malah hari, ternyata tetap login gagal. Kami mencoba, mungkin password kami yang lupa, ternyata ada tulisan di aplikasi : Error 500
    fscopen ():php_network_getaddresses : getaddrinfor failed : Name or service not known.
    Apa langkah kami selanjutnya, karena kami input data baru sampai dengan gedung dan itu pun belum selesai.

  6. samsul fokaaya says:

    Kami mohon bantuan untuk login aplikasi ASPAK tidak bisa masuk untuk menginput data.
    Mohon petunjuk untuk cara memasukkan usernama dan password aplikasi ASPAK untuk satker Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula (2805033) . ( contact person 082142087037 )
    konfirmasi di alamatkan ke email : samfokaaya@gmail.com
    terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>